Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Asal Para Kholifah


Asal Para Khalifah

penasantri.eu.org - Kholifah adalah orang yang mengganti kedudukan Rosulullah saw dalam melindungi agama dan siasat (polltik) kedunian, agar setiap orang ltu suka menetapi apa saja yang telah ditentukan dalam batas haknya. Dengan demikian maka samalah kedudkan orang yang kuat dan lemah serta orang yang mulia dan hina dimuka hak (keadilan).



Abu Dawud Ath-Thayalisi dalam Musnadnya berkata, Sakin bin Abdul Aziz berkata kepada kami dari Yasar bin Salamah dari Abu Barzah bahwa Rasulullah bersabda:



االأئمة من قريش إذا حكموا عدلوا، إذا عاهدوا وفوا، وإذا سترحموا رحموا.




Para imam itu dari golongan Quraisy, jika mereka memimpin mereka adil, jika berjanji rnereka tepati, dan jika dimintai kasih sayangnya mereka akan memberikan.", (HR. Imam Ahmad, Abu Ya'la dalam Musnad mereka, juga Imam Ath-Thabarani).




Imam At-Tirmidzi berkata, Ahmad bin Mani' berkata kepada kami, Zaid bin Al-Habbad berkata kepada kami, Muawiyah bin Saleh berkata kepada kami, Abu Maryam Al-Anshari dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda:



"Kekuasaan itu di tangan golongan Quraisy, sedangkan peradilan ada di tangan Anshar dan adzan di tangan orang-orang Habsyah." (Isnad hadits ini adalah shahih).


Imam Ahmad dalam Musnadnya berkata, berkata Al-Hakim bin Nafi', berkata kepada kami Ismail bin Ayyasy dari Dhamdham bin zaw'ah dari Syuraih dari Katsir bin Murrah dari Utbah bin Abdan bahwa Rasulullah bersabda:



" Khalifah itu di tangan orang Quraisy, hukum di tangan orang Anshar dan dakwah (adzan) di tangan orang-orang Habsyah." (orang-orang yang meriwayatkan hadits ini adalah kredibel).


Posting Komentar untuk "Inilah Asal Para Kholifah"

close