Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manusia Pembelajar

Manusia Pembelajar



penasantri.eu.org - Manusia pembelajar adalah manusia yang senantiasa memiliki rasa keingintahuan yang tinggi atas sesuatu. Mereka tidak hanya fokus belajar dibangku pendidikan formal saja akan tetapi Banyak tempat yang mereka kunjungi dalam rangka mencari jawaban atas berbagai pertanyaan yang mengusik benaknya sebagai manusia pembelajar. 



Rasa ingin tau yang tinggi merupakan sebuah keharusan yang ada dalam diri manusia. Karena dari sanalah kita bisa tau apa kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Sudarwan Danim dalam bukunya “Menjadi Manusia Pembelajar”, mendefinisikan manusia pembelajar adalah orang-orang yang menjadikan kegiatan belajar sebagai bagian dari kehidupan dan kebutuhan hidupnya. Ketika belajar telah menjadi kebutuhan, maka ilmu akan menjadi baju terindah bagi dirinya, pengetahuan akan menjadi lautan samudera bagi dirinya karena setiap saat mereka akan rindu dengan ilmu dan akan haus pengetahuan.



Ciri-Ciri Manusia Pembelajar



Manusia pembelajar memiliki karakteristik sebagai berikut:


1. Rasa ingin tahu yang tinggi

Dengan memiliki rasa ingin tahu yang besar itulah generasi muda mencari jawaban lewat buku-buku,jurnal,bertanya pada yang ahli serta belajar dari pengalaman orang lain. Dengan motivasi yang tinggi,akan tercipta kinerja yang tinggi dalam berbagai aktivitas.Termasuk dalam belajar baik melalui membaca, maupun melalui penglihatan dan pendengarannya.



2. Optimisme yang tinggi

Dengan banyak membaca,akan meningkatkan Rasa percaya diri. Karena mereka punya bekal pengetahuan yang cukup untuk ikut terlibat aktif dalam berbagai kegiatan.



3. Ikhlas

Orang yang ikhlas adalah orang yang tidak pernah berharap sesuatu dari apa yang telah dilakukannya. Orang yang dengan ikhlas menambah ilmu dengan belajar, tidak akan berharap mendapat pekerjaan yang baik,dengan banyak belajar tidak berharap dapat jabatan yang tinggi, tapi orang ikhlas yakin bahwa apa yang dikerjakannya akan mendapat balasan. Dengan sikap ikhlasnya ini mereka terus belajar dan menambah ilmu tanpa mengenal lelah.



4. Konsisten

Salah satu spirit dalam diri seorang pembelajar sejati ialah selalu konsisten untuk menambah ilmu dan pengalamannya sehari-hari. Meskipun pendidikan formalnya telah usai, bukan berarti mereka berhenti belajar.Justru guru belajar yang terbaik didapat dari universitas kehidupan. Kita belajar langsung dari alam semesta yang luas ilmunya tiada tara.



5. Pandangan visioner

Manusia pembelajar memiliki pandangan jauh ke depan melebihi pemikiran kebanyakan orang. Mereka tidak tergoda untuk melakukan apa saja demi mendapatkan hasil yang instan. Mereka tidak Mengejar target jangka pendek dengan mengorbankan kepentingan jangka panjang.



Manusia pembelajar dengan modal segudang pengetahuannya akan memunculkan ide-ide kreatif yang tidak pernah terpikir oleh orang lain. Mereka merangkaikan berbagai ilmu dan pengetahuannya untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi orang lain sebagai cara pandang mereka kedepan.



Selain belajar tentang berbagai ilmu pengetahuan mahasiswa juga mesti terus menggali sejarah bangsanya sendiri.Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu ingat jasa-jasa para pahlawannya Dengan mempelajari sejarah pendiri bangsa ini, maka mahasiswa akan akan timbul rasa nasionalisme yang kuat dalam diri generasi muda serta lebih giat dan tekun belajar demi melanjurkan perjuangan para founthing fathers bangsa ini dimasa lalu. Semoga artikel ini Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manusia Pembelajar"

close