Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengenalan Ilmu Nahwu Shorof bagi Pemula

Nahwu Shorof

penasantri.eu.org - Untuk bisa memahami bahasa Arab dengan baik, ada beberapa cabang ilmu yang harus kita kuasai. Namun, sebelum kita melangkah kepada ilmu-ilmu yang lain, ada dua ilmu yang harus kita kuasai terlebih dahulu. Sebab kedua ilmu ini adalah sarana untuk bisa memahami ilmu-ilmu yang lain. Kedua ilmu ini adalah ILMU NAHWU dan ILMU SHOROF.



apa itu ilmu nahwu dan contohnya ?



1. ILMU NAHWU 

Nahwu adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan harokat akhir suatu kata serta kedudukan kata itu dalam kalimat. Agar lebih jelas, perhatikan tulisan “zaid” pada contoh-contoh berikut:



 - جَاءَ زَيْدٌ  - رَاَيْتُ زَيْدًا   - مَرَرْتُ بِزَيْدٍ



Nah, kenapa harokat akhir dari tulisan “zaid” bisa berubah-ubah? Apa kedudukan kata “zaid” dalam contoh-contoh di atas? Untuk mengetahuinya kita harus belajar ilmu nahwu terlebih dahulu.



shorof itu apa ?



2. ILMU SHOROF 

Shorof adalah ilmu yang mempelajari tentang cara MENGUBAH suatu kata menjadi kata lain untuk menghasilkan arti yang berbeda-beda. Dalam ilmu shorof, mengubah kata diistilahkan dengan “MENTASHRIF”. Misalnya, dengan ilmu shorof, kita bisa mentashrif kata "نَصَرَ" (Dia telah menolong) menjadi kata-kata berikut:



نَصَرَ ← - يَنْصُرُ (dia sedang menolong) - اُنْصُرْ (tolonglah) - نَاصِرٌ (org yang menolong) 

- مَنْصُوْرٌ ( org yang ditolong) - مَنْصَرٌ (tempat / waktu menolong) - مِنْصَرٌ (alat menolong)



Jadi, jika kita ingin bisa mengubah-ubah suatu kata menjadi kata lain yang memiliki arti berbeda-beda, maka kita harus belajar ilmu shorof terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Pengenalan Ilmu Nahwu Shorof bagi Pemula"

close